Sabtu, 25 Februari 2012

WORTEL


Wortel (Daucus carota) adalah tumbuhan jenis sayuran umbi yang biasanya berwarna jingga atau putih dengan tekstur serupa kayu. Wortel merupakan tumbuhan biennial (siklus hidup 12 - 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih. Wortel dapat dimakan dengan berbagai cara. Hanya 3% dari β-carotene pada wortel mentah dilepaskan selama proses pencernaan berlangsung, hal ini dapat ditingkatkan menjadi 39% melalui pulping, memasaknya dan menambahkan minyak sawit. Beta karoten adalah zat gizi terbesar yang terdapat dalam kandungan wortel yang menyebabkan rasa yang langu. Dalam bidang lain wortel sangat berguna sebagai tumbuhan pendamping bagi petani. Wortel dapat menaikkan jumlah produksi tomat jika ditanam secara bersamaan. Jika dibiarkan berbunga, wortel akan mengeluarkan aroma herbal yang menarik tawon predator untuk datang dan membunuh hama kebun.
Bukan hanya wortelnya saja yang banyak kandungannya, tapi bijinya juga mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat juga, bijinya itu mengandung flavonoid, minyak atsiri, termasuk asaron, pinen, dan limonen, asam tiglat, azaron, dan bisabol, meristin yang berkasiat memberikan efek aprodisiak. Sedangkan daun wortel mengandung paspirine, zat-zat yang terdapat pada wortel sangat dibutuhkan dalam memicu fungsi kerja kelenjar endoktrin, khususnya kelenjar adrenalin dan kelenjar kelamin.
Tabel Nilai Kandungan gizi Wortel per 100 g
Kandungan zat gizi
Jumlah
Energi
41 kkal
Karbohidrat    
9 gr
Gula
5 gr
Niacin (Vit. B3)
1,2 mg (8%)
Vitamin B6
0,1 mg (8%)
Folat (Vit. B9)
19 mg (5%)
Diet serat
3 g
Lemak
0,2 g   
Vitamin C
7 mg (12%)
Kalsium
33 mg (3%)
Protein
1 g      
Vitamin A
835 mg (93%)
Besi
0,66 mg (5%)
Magnesium
18 mg (5%)
Beta-karoten
8285 mg (77%)
Fosfor
35 mg (5%)
Thiamine (Vit. B1)
0,04 mg (3%) 
Kalium
240 mg (5%)
Riboflavin (Vit. B2)
0,05 mg (3%)
Sodium
2,4 mg (0%)
                       
         Manfaat Wortel (Daucus carota)
        Wortel berguna untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam pembentukan tulang, anti kanker, mengatasi tukak lambung, amandel, gangguan kerongkongan dan pernapasan, mencegah konstipasi (sembelit), antioksidan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menghaluskan kulit.Zat-zat yang terdapat dalam wortel bermanfaat bagi sistem reproduksi, dalam hal ini untuk mengatasi kemandulan dan menyuburkan sistem reproduksi.
        Kandungan karoten wortel juga baik untuk kesehatan mata. Membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah, kekurangan vitmin A atau yang dikenal dalam istilah kedokteran sebagai avitaminosis A dapat menyebabkan rabun senja. Wortel bisa mngatasinya.Didalam wortel juga terkandung pectin yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Wortel dalam bentuk jus juga dapat mengatasi ganggun kulit, seperti jerawat, bengkak bernanah, ataupun kulit kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar