Kamis, 15 Maret 2012

KEBUTUHAN ZAT GIZI pada BAYI

Gizi pada bayi jelas berbeda dengan orang dewasa.
pemberian makanan dengan kandungan protein tinggi haruslah dihindari, untuk mencegah stres pada bayi.
Gizi Bayi
tidak hanya asupan protein yang diperhatikan, asupan zat gizi lainnya juga penting. Gizi yang cukup membuat bayi anda sehat.
a. Energi
bayi membutuhkan energi yang relatif besar untuk menyokong pertumbuhan, bayi yang baru lahir membutuhkan energi 100-120 kkal per kg BB.
b. Protein
protein dibutuhkan oleh bayi secara luas untuk membangun jaringan. rata-rata kebutuhan bayi hingga usia 6bulan adalah 13 gram per hari dan pada usia 6 - 12 bulan adalah 14 gram. dengan perhitungan 1,7 gram per 100 kkal yang diberikan atau setara dengan 6-12 % total energi.
c. Lemak
Anjuran konsumsi lemak pada bayi adalah minimal 3,8 gram setiap 100 kkal yang diberikan dan maksimum 6 gram setiap 100 kkal yang diberikan atau setara dengan 30-54 % total energi.
d. Karbohidrat
Karbohidrat diberikan 30-60% dari total energiyang diberikan. Karbohidrat pada ASI dengan mudah dapat diserap oleh bayi karena mengandung amilase 40-60 kali lebih aktif dibandingkan susu sapi. Jenis laktosa pada susu yang dapat diubah menjadi galaktosa sangat diperlukan untuk pembentukan sel-sel otak.
e. Vitamin dan Mineral
bayi membutuhkan seluruh jenis vitamin dan mineral dengan jumlah yang berbeda, dapat dilihat pada AKG yang dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar